Masih Muda Kok Udah Beruban?

Beruban
Bang umurnya berapa ya?
Kok banyak ubannya?.
Dan berbagai pertanyaan lain yang kadang bikin ngeselin. Bahkan setiap kali mau potong rambut, tukang pangkasnya pasti ngomong "Loh udah beruban". Ya udah gue jawab aja, "Udah gini bang dari sananya".

Nah, disini gue mau bahas kenapa masih mudah dan bersahaja gini rambut udah mulai memutih. Berhubung gue bukan ahli medis atau ahli apapun yang berhubung dengan masalah seperti ini maka gue akan menjawabnya menurut apa yang gue tahu aja.

Uban ini mulai datang kalau tidak salah ketika mau tamat SMP, jadi kira-kira umur 14 tahun. Mulai dari sebiji hingga bejibun.
Nah terus kenapa bisa secepat itu? Usut punya usut ayah juga ketika masih muda udah beruban.
Hal itu gue dengar dari perkataan ibu yang mengatakan bahwa sewaktu ibu kenalan dengan ayah, rambut ayah sudah ada yang putih. Nah dari sini, gue tarik kesimpulan bahwa ini adalah faktor gen.

Potong rambutKalau ini faktor gen berarti adik gue kena juga? Yups, adik gue yang perempuan yang umurnya 1 tahun dibawah gue  juga sudah beruban. Nah kalau gue yang laki-laki memotong rambut dan menjaganya agar tetap pendek agar ubannya tidak kelihatan, maka adik gue yang perempuan rutin mengecat rambutnya agar tetap hitam. Kenapa? Karena jikalau adik gue memotong rambutnya sependek potongan rambut gue sepertinya bakalan aneh.

Nah ada juga sih cerita-cerita yang sering gue dengar tentang beruban di usia muda ini, diantaranya:
1. Jangan dicabut, nanti makin banyak
Iya, iya, gue tidak mencabutnya. Tapi kok makin banyak juga ya?
Mitos mencabut uban

2. Banyakan mikir sih
Gue ini banyak mikir apa ya? Sepertinya tidak terlalu banyak, paling mikirin tugas yang numpuk. Itu pun selesai atas kerjasama yang baik antar teman.

3. Banyak makan kacang
Cukup! Sepertinya banyaknya jerawat dan minyak pada wajah ini sudah menggambarkan seberapa banyak kacang yang udah gue makan.

Tapi apakah gue malu? Malu sepertinya tidak, cuma kadang ngeselin kalau mendengar omongan orang yang sok tau dan sok peduli.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Masih Muda Kok Udah Beruban?"

Post a Comment